Rohil Kini Miliki Aplikasi Si Koncang Pancasila

7 November 2022
Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong

Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong

RIAU1.COM - Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong meluncurkan aplikasi Desa Cerdas dan Siskudes online yang diberi nama Si Koncang Pancasila atau singkatan dari Sistem Informasi Kepenghuluan Online Nan Canggih, Kamis (6/10/2022) di gedung Misran Rais Bagansiapiapi. 

Kadis PMD Yandra mengatakan, aplikasi yang diresmikan ini merupakan ide dan gagasan Bupati Rohil Afrizal Sintong untuk menjalankan salah satu visi misinya yakni menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik, efektif dan efisien berbasis teknologi. Salah satunya adalah dengan layanan mandiri kepenghuluan Si Koncang Pancasila ini. 

"Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang cepat tepat dan terintegrasi pada seluruh instansi pemerintah daerah. Saya berharap seluruh OPD ditingkat kecamatan dapat menyambut ini agar bisa melakukan sinergitas untuk menjalankan pelayanan online yang berintegritas," harapnya.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong menerangkan, pelayanan publik merupakan suatu keniscayaan yang perlu percepatan bagi seluruh lini pemerintahan. Pemerintah Kabupaten Rohil telah menangkap isu-isu pelayanan mulai dari tingkat kepenghuluan, kecamatan sampai pada tingkat kabupaten. 

"Beberapa catatan penting yang menjadi perhatian serius diantaranya, pertama keterlambatan pengurusan administrasi kependudukan baik karena jarak yang begitu jauh dari ibukota maupun ketepatan waktu. Kemudian data kependudukan yang masih belum akurat dikarenakan data ganda, kematian, kelahiran maupun mutasi penduduk, kecocokan data kependudukan yang belum padan dengan data terpadu kesejahteraan sosial," papar dia.*

Berita Populer