Pendataan Awal Regsosek Dimulai, Rumah Wali Kota Didatangi Petugas

16 November 2022
Pendataan awal Regsosek di kediaman wali kota Dumai

Pendataan awal Regsosek di kediaman wali kota Dumai

RIAU1.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) serentak di seluruh Indonesia, mulai tanggal 15 Oktober hingga 14 November 2022.

Di Kota Dumai, Pendataan Awal Regsosek perdana ditujukan kepada keluarga Wali Kota Dumai, dalam kesempatan ini disambut oleh Istri Wali Kota Dumai Hj. Leni Ramaini, SKM.

Pengambilan data yang berlangsung di Kediaman Wali Kota Dumai, Jalan Putri Tujuh, RT 016, Kelurahan Teluk Binjai, Kecamatan Dumai Timur, dilakukan oleh Primavera Dian Riskiani, S.Stat selaku Koordinator Sensus Kecamatan (Koseka) yang ditugaskan di Kelurahan Teluk Binjai.

Saraswati dan Indah Septiani selaku Petugas Pendataan Lapangan (PPL) bersama Mita Zahara selaku Petugas Monitoring Lapangan (PML) di daerah tersebut pun turut menyaksikan proses Pendataan Awal Regsosek yang dicontohkan Koseka-nya.

Sebagai informasi, pendataan dilakukan dengan cara wawancara langsung dengan metode paper and pencil (papi).

Nantinya, terdapat 4 halaman yang kuisioner yang akan ditanyakan kepada masyarakat.

Adapun materi yang akan ditanyakan seputar kependudukan dan ketenagakerjaan, kondisi perumahan, kesehatan dan disabilitas, serta pendidikan dan pemberdayaan.

Dijelaskan sebelumnya oleh Kepala BPS Kota Dumai Morhan, Pendataan Awal Regsosek adalah pengumpulan data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan.

"Regsosek adalah upaya pemerintah untuk membangun data kependudukan tunggal, atau satu data. Dengan menggunakan data tunggal, pemerintah dapat membuat kebijakan dan  melaksanakan berbagai programnya secara terintegrasi, tidak tumpang tindih, dan lebih efisien," ucap Morhan.

Lanjutnya, data Regsosek nantinya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas berbagai layanan pemerintah seperti pendidikan, bantuan sosial, kesehatan, hingga administrasi kependudukan.

Dalam wawancara yang dilakukan Tim Peliput Kominfo Dumai, Hj. Leni mengimbau agar masyarakat Dumai dapat berpartisipasi dengan sikap yang kooperatif dalam Pendataan Awal Regsosek Tahun 2022 ini.

Ia berharap Pendataan Perdana ini dapat menjadi contoh kepada masyarakat untuk dapat ikut serta dalam Pendataan Awal Regsosek Tahun 2022.

“Mari kita sukseskan Pendataan Awal Regsosek ini dengan memberikan data yang akurat dan sebenar-benarnya. Semoga dengan pendataan ini kita dapat memperoleh data yang menyeluruh dan valid, dan data yang dihasilkan Regsosek akan bermanfaat dalam perencanaan pembangunan nasional khususnya di Kota Dumai,” pungkasnya.*

Berita Populer